Tuesday, 16 July 2013

Menuai Buah Dari Tindakan di Masa Lalu


Akhir-akhir ini, setelah melalui, menjalani, serta merenungkan semua hasil yang saya peroleh, baik hasil baik maupun hasil yang tidak baik, namun khususnya untuk hasil yang baik, dalam beberapa tahun terakhir, saya memperoleh pelajaran yang sangat berharga dari semua hal tersebut. Saya semakin sadar dan yakin bahwa tindakan atau perbuatan atau apapun yang kita tanam di masa lalu, suatu saat nanti pasti akan kita terima buah atau hasilnya di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Hal ini saya sadari dan yakini sebagai hasil merenungkan seluruh perjalanan hidup saya dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu pula yang kemudian mendorong saya untuk kembali menanam tindakan-tindakan, perbuatan-perbuatan, sikap-sikap, dan segala sesuatu lainnya yang baik untuk dapat menuai hasil-hasil yang baik dan semakin baik pula di masa depan.
Saya ingat sekali, saya untuk pertama kalinya mulai kembali menjadi pribadi yang tekun belajar, disiplin, termotivasi adalah saat saya mengenal untuk pertama kali seorang pribadi yang bisa saya anggap sebagai pelatih pribadi saya walaupun saya belum pernah bertemu dengannya, Jose Mourinho. Kala itu, saat saya berada semester dua kelas 3 SMU, untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun berada pada masa atau ‘jalan’ yang salah, saya merasa termotivasi untuk kembali rajin belajar, untuk kembali meraih sesuatu yang berharga bagi hidup saya sendiri di masa depan. Itulah masa dimana untuk pertama kalinya saya kembali menjadi pribadi yang mulai mengelola hidup saya setelah bertahun-tahun tidak tentu arah. Itulah masa dimana untuk pertama kalinya saya mendisiplin diri saya sendiri dan menata jalur menuju peraihan prestasi yang sudah sangat lama tak pernah saya raih. Saya belajar dengan penuh ketekunan, gairah, motivasi, disiplin, serta hasrat untuk menang yang pada akhirnya membawa saya meraih prestasi yang tak pernah saya duga sebelumnya yaitu peringkat lima dalam kelas dari 39 siswa.

Hal tersebut terus terbawa saat saya memasuki bangku kuliah. Gairah, motivasi, hasrat, ketekunan tersebut tetap ada dan bahkan terus meningkat seiring atmosfer ‘persaingan’ yang terbawa untuk membuktikan bahwa saya adalah yang terbaik. Saya begitu tekun belajar, mengerjakan tugas, membaca sebanyak mungkin buku yang menarik perhatian saya dan saya yakin bermanfaat untuk diri saya di masa sekarang maupun masa depan, saya melakukan berbagai kegiatan yang positif dalam kegiatan di kehidupan kampus. Setelah bertahun-tahun menjalani kehidupan kuliah yang gigih, tekun, bergairah, penuh dengan ‘api’, rasa ingin tahu yang besar, dan hal-hal positif lainnya, saya menyadari manfaat itu semua. Saya akhirnya mengetahui dan menyadari bahwa hasil dari seluruh upaya tersebut tidaklah sia-sia. Saya dikenal sebagai pribadi yang jago dalam bidang yang saya pilih, yaitu pemrograman komputer dan juga dalam beberapa bidang lain yang masih terkait maupun tidak terkait. Saya dikenal sebagai pribadi yang penuh dengan motivasi, penuh dengan gairah, penuh dengan semangat yang membara yang dapat menulari orang-orang disekitarnya, dan bahkan dianggap dapat menulari orang-orang disekitarnya.
Saya tahu dan sungguh-sungguh yakin bahwa semua buah dari tindakan, perbuatan, sikap yang kita bentuk di masa lalu pasti akan kita tuai hasilnya suatu saat nanti. Itulah pula yang saya akhir-akhir ini sedang berusaha kembali saya tiru polanya dan lakukan ulang untuk kembali meraih prestasi yang hebat dan bahkan lebih hebat dibandingkan semua yang pernah saya raih sebelumnya. Prestasi yang hebat dalam pekerjaan, bisnis, kehidupan pribadi, dan sebagainya. Semua prestasi yang akan dapat saya banggakan dalam seluruh perjalanan hidup saya. Seluruh prestasi yang dapat saya jadikan sebagai inspirasi untuk orang-orang disekeliling saya bahwa siapapun dapat menjadi hebat dan meraih sukses apapun yang diinginkannya. Namun saya harus lakukan dan buktikan sekali lagi bahwa itu semua memang bekerja dengan benar seperti yang seharusnya dalam membawakan saya prestasi demi prestasi, kesuksesan demi kesuksesan, kemakmuran demi kemakmuran, dan segala kelimpahan yang seharusnya menjadi hak saya, agar saya sendiri yakin dan orang lain semakin yakin pula terhadap semua prinsip-prinsip hebat yang saya yakini dan jalankan.
Hanya satu kalimat penutup untuk tulisan ini, saya percaya bahwa semua prinsip hebat yang telah saya ketahui dan pernah terapkan untuk meraih keberhasilan di masa lalu masih bekerja untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Saya hanya perlu menerapkan kembali prinsip-prinsip tersebut dengan ketekunan, kedisiplinan, gairah, hasrat, motivasi, semangat, konsistensi, dan keyakinan yang memadai agar prinsip-prinsip tersebut kembali menunjukkan hasil-hasil yang seharusnya, hasil-hasil yang dahsyat, sukses demi sukses yang luar biasa.

Tickerbar