Wednesday 2 January 2013

Sayalah Yang Harus Berubah Terlebih Dahulu


Apa yang akan saya tulis atau bagikan disini mungkin bukanlah sesuatu yang baru lagi, sebab kemungkinan kita sudah sering mendengar atau membacanya. Namun di pagi hari ini, saya tersadar akan hal ini. Kesadaran yang berharga bagi setiap kita.
Mungkin kita sering berkata bahwa lingkungan disekitar tidak baik atau kurang baik dan kita ingin atau berharap lingkungan kita dapat berubah menjadi lebih baik sehingga kita dapat terpengaruh menjadi lebih baik. Namun ada satu kesadaran yang tidak kalah berharga dan penting, yaitu kita perlu mengubah diri kita sendiri terlebih dahulu sebelum kita dapat mengubah lingkungan kita atau berharap lingkungan kita dapat berubah. Sebab kita juga adalah bagian dari lingkungan kita itu sendiri. Maka ketika kita dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya, secara otomatis lingkungan kita telah menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
Dengan memiliki kesadaran bahwa sebelum kita dapat mengubah lingkungan kita atau berharap lingkungan kita dapat berubah, kita sendirilah yang harus mengubah diri, sikap, serta karakter menjadi lebih baik, maka pada kondisi ini kita memposisikan diri bukan sebagai korban tetapi sebagai aktor. Dengan kesadaran untuk mengubah diri menjadi lebih, maka kita telah memilih untuk menjadi tokoh perubahan itu sendiri, penggerak dan pelopor, bukan sekedar menunggu atau memiliki mentalitas sebagai ‘korban’. Dengan menjadi diri kita sendiri yang lebih baik, maka kita pun akan dapat menjadi contoh atau teladan bagi orang disekitar kita untuk menjadi lebih baik seperti atau bahkan melampaui diri kita.

Saya secara pribadi juga sadar bahwa saya terkadang masih memiliki sikap atau pemikiran yang kurang baik, maka dari itu saya pun harus secara pribadi belajar mengubah diri saya sendiri. Saya harus mengubah sikap saya menjadi lebih baik. Saya harus mengubah pemikiran serta karakter saya menjadi lebih baik. Saya harus mengubah segala hal di dalam diri saya selalu menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Namun, saya pun menyadari bahwa berubah menjadi lebih baik bukanlah suatu perkara yang dapat dibilang mudah. Saya menemukan bahwa selalu saja ada godaan untuk kembali ke kondisi tidak baik diri kita yang sebelumnya. Nah, pada kondisi tersebut komitmen saya untuk berubah menjadi lebih baik ditantang. Apakah saya benar-benar mampu berubah menjadi lebih baik selamanya dan konsisten berada kondisi baik tersebut serta terus menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.
Inti dari tulisan ini adalah, kita harus mengubah diri kita sendiri dahulu sebelum berharap kita dapat mengubah lingkungan sekitar kita. Memilih lingkungan yang baik untuk menulari kita menjadi lebih baik itu perlu dan sangat bagus, tetapi kita sudah mampu menjadi individu yang baik dan memiliki kapasitas yang cukup untuk dapat bertahan selama beberapa waktu ditengah gempuran sesuatu yang kurang baik, maka tidak salahnya juga dapat menulari lingkungan yang sedang kurang baik agar dapat menjadi lebih baik. Dengan begitu kita dapat berharap kita dapat melihat lingkungan kita menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Namun pada dasarnya, saya atau diri kita sendirilah yang harus terlebih dahulu menjadi lebih baik. Saya atau diri kita harus menjadi lebih baik terlebih dahulu di dalam diri kita sebelum dapat berharap melihat segala sesuatu di luar diri kita menjadi lebih baik. Segala sesuatu yang ada di dunia ini dapat menular, termasuk kebaikan. Semoga di tahun baru ini, kita semua dapat menjadi individu yang lebih baik daripada diri kita di tahun sebelumnya. Amin.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger