Saturday, 29 December 2012

Kualitas Pribadi Yang Meningkat


Pagi ini, saya membaca judul berita online yang memberitakan salah satu opini pimpinan lembaga negara yang menyatakan bahwa kualitas undang-undang yang dihasilkan para wakil rakyat kita menurun. Berita tersebut dengan segera memberikan inspirasi kepada diri saya secara pribadi untuk membuat tulisan. Tulisan mengenai peningkatan pribadi saya.
Sebagai pribadi, kita semua juga memiliki kualitas individu yang kita nilai sendiri maupun dinilai oleh orang lain disekitar kita. Kualitas diri kita memiliki berbagai macam level atau tingkatan, mulai dari tingkat terendah sampai tingkat tertinggi. Walaupun memang cukup susah juga untuk menentukan rentang penilaian yang pasti untuk kualitas individu seseorang, sebab memang kualitas individu adalah sesuatu yang tidak kasat mata. Namun, bagaimanapun juga diri kita maupun orang-orang disekitar kita dapat ‘melihat’ dan merasakan kualitas diri kita.
Nah, mengingat hal di atas, adalah tugas serta tanggung jawab kita secara pribadi untuk meningkatkan kualitas pribadi kita. Kewajiban yang sangat utama untuk terus meningkatkan keahlian teknik, keahlian non-teknik, sikap positif, dan berbagai hal lainnya yang penting dan diperlukan di dalam diri kita untuk meraih segala impian dan puncak kesuksesan yang kita idamkan. Saya sebagai pribadi juga tentu saja wajib untuk melakukan peningkatan kualitas diri saya agar nilai jual saya secara pribadi semakin meningkat di tengah persaingan atau kompetisi yang semakin ketat. Peningkatan kualitas pribadi ini sangat penting dan semakin penting serta mendesak agar saya dapat terus ‘survive’ di tengah kompetisi yang ketat. Banyak upaya harus terus dilakukan, banyak manuver atau pergerakan diperlukan agar terus dapat berada di garis terdepan dalam persaingan untuk memenangkan kompetisi.

Namun harus pula diakui bahwa terkadang kita kurang sadar untuk terus meningkatkan kemampuan diri kita. Kita terkadang memang ingat untuk meningkatkan kemampuan diri, namun cukup sering pula kita kurang konsisten dalam melakukannya. Hal ini pula yang harus diatasi dan ditingkatkan yaitu konsistensi dalam mengembangkan kemampuan dan kualitas pribadi diri kita. Saya dan kita semua perlu menimbulkan terus perasaan mendesak tersebut di dalam pikiran dan hati kita agar senantiasa teringat dan bertindak untuk meningkatkan kualitas pribadi diri kita. Sebab semuanya penting untuk kualitas pribadi diri kita sendiri, bukan untuk kepentingan orang lain. Kita yang meningkatkan kemampuan pribadi diri kita sendiri, kita pula yang menikmati hasil dari peningkatan kualitas diri tersebut. Semakin meningkat kualitas pribadi kita, semakin meningkat pula ‘nilai jual’ kita di hadapan semua orang. Harus terus meningkat !

Tickerbar