Wednesday, 11 January 2012

Jangan Takut !


Malam ini, untuk menambah motivasi semangat dalam diri saya sendiri, saya memutuskan untuk membuka sebuah website dari seorang motivator yang dijuluki sebagai motivator nomor satu di Indonesia. Di website tersebut saya menemukan sebuah artikel yang berjudul, “Jangan Takut, Jangan Pernah Menyesal”. Tulisan yang tidak terlalu panjang yang begitu menginspirasi dan membangkitkan semangat.
Melalui tulisan tersebut saya dan kita semua diingatkan agar tidak pernah takut untuk mengambil keputusan, tidak pernah memperjuangkan impian-impian kita, tidak pernah takut gagal, tidak pernah takut bekerja keras, tidak pernah takut mencoba sesuatu yang baru, dan tidak pernah ragu-ragu. Tulisan tersebut menyadarkan saya bahwa ternyata selama beberapa waktu terakhir saya sering menjadi ragu ketika akan mengambil keputusan mengerjakan (baca: menerima) sebuah tawaran pekerjaan yang sebenarnya (kemungkinan besar) dapat saya kerjakan dengan baik. Saya tahu saya bisa mengerjakan pekerjaan tersebut, namun terkadang ada pula keraguan dalam diri saya yang berkata, ‘apakah saya benar-benar bisa ?’, ‘apakah keyakinan saya benar ?’, ‘bagaimana jika nanti setelah pekerjaan tersebut diambil dan ternyata tidak mampu menyelesaikan ?’. Begitu banyak pertanyaan-pertanyaan sejenis yang semakin membuat saya ragu dan seringkali membuat saya berpikir ulang dan terus berpikir ulang yang pada akhirnya membuat saya menjadi ragu.

Namun, diatas segalanya saya bersyukur bahwa pada akhirnya saya berani memutuskan untuk mengambil pekerjaan tersebut, walaupun keraguan masih ada di dalam diri saya. Keraguan memang masih ada, namun saya mencoba meyakinkan diri saya sendiri bahwa saya bisa. Saya meyakinkan diri saya sendiri untuk mencoba saja dahulu dan melakukan yang terbaik, gagal itu urusan belakang.
Artikel yang ditulis oleh motivator ternama tersebut benar-benar menginspirasi sekaligus memotivasi diri saya. Saya menjadi tersadarkan bahwa seringkali tanpa kita sadari bahwa ketakutan yang kurang berdasar dapat membuat kita ragu untuk bertindak, walaupun kemungkinan besar kita tahu bahwa kita semua mampu. Ketakutan kita yang tidak berdasarkan menimbulkan keraguan, dan semakin keraguan tersebut kita pikirkan, maka keraguan tersebut akan semakin meningkat dan semakin membesar. Keraguan yang telah semakin meningkat dan semakin membesar tersebut pada akhirnya benar-benar kita takut bertindak dan kehilangan kemampuan. Belajar mengalahkan ketakutan yang terdapat dalam diri agar dapat meraih yang terbaik sesuai dengan seluruh talenta yang telah ditanamkan dalam diri kita.

Tickerbar

KumpulBlogger