Monday 12 September 2011

Saya Butuh Tetap Bergerak

Setiap kita perlu belajar untuk mengenali diri kita sendiri serta belajar untuk dapat menangani atau memimpin diri kita sendiri. Hal inilah yang selama beberapa waktu terakhir kembali saya sadari. Saya belajar untuk dapat kembali mengenali diri saya yang sepenuhnya. Saya belajar untuk mengenal apakah yang benar-benar memotivasi saya, bagaimana saya dapat tetap termotivasi, apa yang menjadi kecintaan terbesar saya, bagaimana saya dapat menjadikan hari-hari saya berjalan dengan efektif, serta apa yang butuhkan. Pengenalan terhadap diri sendiri adalah sesuatu yang penting, sebab jika kita tidak dapat mengenali diri kita sendiri, maka kemungkinan besar kita tidak akan mampu mengenali orang lain serta berhubungan dengan baik dengan mereka.
Pagi ini, saya belajar sesuatu yang baru mengenai diri saya sendiri. Saya akhirnya menyadari bahwa agar diri saya tetap semangat serta terhindar dari kemalasan, maka saya perlu membuat diri saya tetap aktif dan tetap bergerak. Saya perlu membuat (baca: memaksa) diri saya sendiri untuk selalu aktif, bergerak, dan bergerak. Saya menemukan ketika saya terlalu banyak berpikir, duduk diam dalam waktu lama (bekerja maupun tidak), dan kurang bergerak, saya mengalami suatu kondisi yang disebut “pendinginan” secara fisik dan mental. Kondisi tersebut, jika berlangsung dalam waktu lama, akan menjadikan saya sebagai individu yang mengalami perhentian pertumbuhan secara pribadi.
Ketika saya terlalu lama diam dan tidak bergerak, secara perlahan, namun pasti saya mengalami kondisi penurunan semangat, motivasi, dan juga menjadi malas. Oleh karena itu, saya sadar dan merasa perlu untuk terus dan tetap bergerak secara konsisten sesering mungkin. Saya perlu memiliki sejumlah aktivitas yang dapat membuat saya tetap aktif, sehingga secara tidak langsung dapat membantu saya untuk tetap bersemangat dan termotivasi serta menyalurkan secara positif seluruh kemampuan dan tenaga yang saya miliki.
Jadi kesimpulannya, saya perlu untuk tetap dan terus bergerak secara konsisten dan berkesinambungan agar saya dapat tetap semangat, termotivasi, tidak menjadi malas, dan dapat menyalurkan seluruh energi saya secara positif. Saya memerlukan sejumlah aktivitas sehingga saya tidak berdiam terlalu lama dan agar saya dapat memanfaatkan setiap waktu saya dengan baik. Pelajaran lain yang dapat saya simpulkan dari pengalaman pribadi saya ini adalah bahwa saya dan kita semua perlu untuk tetap dan terus berupaya untuk memahami diri kita sendiri. Kita perlu mencari tahu apa yang kita sukai, tidak kita sukai, apa yang menjadikan kita bersemangat dan tidak bersemangat, serta pada kondisi apa kita dapat bertumbuh secara maksimal. Sekian dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger