Monday 19 September 2011

Rutin Berlatih

Dahulu, pada masa awal saya kuliah, saya mempunyai satu kebiasaan yang selalu jalankan bahkan ketika liburan sekalipun. Kebiasaan tersebut adalah tetap belajar atau tetap berlatih. Setiap kali liburan kuliah saya selalu pulang ke rumah dan sesaat sebelum pulang ke rumah saya biasanya bertanya pada diri saya sendiri beberapa pertanyaan, “liburan kali ini belajar apa ?”, “buku apa yang akan saya baca pada liburan kali ini ?”, dan “bagaimana saya mengisi liburan kali ini ?”. Saya selalu menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, bahkan sejak jauh-jauh hari sebelum masa liburan tiba. Kebiasaan tetap belajar tersebut pada akhirnya mampu membawa saya menjadi salah seorang individu yang memiliki semangat serta kualitas yang berbeda.
Namun, selama sekitar tiga tahun terakhir, saya melupakan kebiasaan baik yang saya miliki di awal hingga pertengahan masa kuliah, sehingga kualitas diri saya menurun dan begitu pula dengan kualitas dari setiap hal yang saya kerjakan. Sekitar satu bulan terakhir, saya akhirnya kembali tersadar bahwa saya perlu berupaya keras untuk memulai kembali kebiasaan baik tersebut. Saya perlu berupaya untuk membiasakan diri saya sendiri tetap rutin belajar dan berlatih agar diri saya senantiasa dalam kondisi terbaik serta selalu bertumbuh dan menjadi pemenang dalam setiap situasi.
Kita semua tahu bukan bahwa membangun suatu kebiasaan yang baik itu susah ? Saya juga merasakan hal tersebut. Saya merasakan bahwa untuk kembali membiasakan diri saya tetap tekun belajar, senantiasa disiplin, senantiasa mengembangkan diri, dan semua kebiasaan baik lain tidaklah mudah. Saya merasakan banyak kenyamanan diri saya yang “disiksa” dan saya merasakan bahwa saya juga “tersiksa”. Namun, saya ingatkan diri saya sendiri bahwa “siksaan” ini hanya sementara saja sifatnya. Sebuah pengorbanan kecil untuk meraih hasil yang lebih besar di masa depan saya. Saya yakinkan dan katakan pada diri saya sendiri bahwa “siksaan” ini adalah harga yang perlu saya bayarkan untuk kembali menjadi individu yang luar biasa, untuk menjadi seorang pemenang kehidupan.
Saya bersyukur bahwa saya telah sadar dan saya berterima kasih pada banyak orang, kejadian, bacaan, lagu, film, maupun sumber lain yang telah membantu menyadarkan saya mengenai pentingnya tetap belajar dan berlatih agar tetap berada dalam kondisi terbaik. Saya sungguh berterima kasih kepada semua hal yang telah membantu saya menyadarkan bahwa saya (dan kita semua) memiliki potensi luar biasa yang tertidur di dalam diri kita yang perlu dibangkitkan dan dilatih agar muncul ke permukaan. Berusaha untuk tetap berlatih dan belajar !
NB: Di posting dari tempat paling favorit saya: Perpustakaan.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger