Saturday, 4 December 2010

Phillips Teliti Cahaya Biru Pencegah Kantuk

ADA teknologi baru yang bisa membangunkan siswa mengantuk dan menambah konsentrasi mereka yakni dengan paparan cahaya biru.

Waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB sore hari, Roni, 16, yang tengah berada di dalam kelas mulai merasa bosan dengan celotehan guru kimianya. Rasa kantuk pun mulai mendera, terlebih dengan semilir angin yang masuk menyusup dari jendela ruang kelas itu.

Namun, rasa kantuknya pun hilang dalam sekejap ketika tiba-tiba ia mendengar namanya dipanggil dengan keras. Ternyata si guru tak tahan melihat kelakuan Roni dan siswa kelas dua SMA itu pun terpaksa berdiri di depan kelas hingga pelajaran usai.

Hal yang dialami Roni tentu juga dialami banyak siswa lain. Selain menganggu, rasa kantuk tentunya akan mengurangi tingkat konsentrasi siswa saat memerhatikan pelajaran.

Uji coba
Teknologi yang disponsori oleh Phillips ini memberikan empat warna cahaya. Setiap warnanya memiliki khasiat tersendiri bagi para murid. Sistem ini telah diujicobakan di sekolah menengah atas Epsom dan Ewell High Inggris, menurut laporan The Daily Mail.


Pengaturan cahaya normal bisa digunakan untuk aktivitas kelas sehari-hari, sedangkan cahaya biru akan memicu siswa supaya lebih aktif. Cahaya putih terang atau ''focus' didesain meningkatkan konsentrasi anak saat mengerjakan tugas menantang, sedangkan warna 'calm' dengan cahaya hangat akan membuat suasana ruangan kelas lebih relaks.

Pemimpin penelitian Effie Konstatinou sekaligus psikolog di Universitas City, London, mengatakan, "Selama ini sistem pancahayaan ruangan tidak begitu dihiraukan sebagai salah satu faktor performa siswa."

Sistem pencahayaan ini bekerja dengan memanipulasi respons tubuh siswa dengan menyeimbangka cahaya yang diterima mata. Penemuan ini didasari penelitian di 2002 yang menemukan bahwa kadar cahaya yang diterima mata menentukan cara kerja tubuh. Sistem ini juga telah digunakan di beberapa sekolah di Hamburg dan hasilnya mengagumkan.

Total 166 siswa dan 18 guru ambil bagian dalam uji coba ilmiah ini dan ditemukan hasil bahwa kecepatan rata-rata membaca siswa meningkat hingga 35 persen, tingkat kesalahan menurun hingga 45 persen, dan keaktifan meningkat hingga 77 persen ketika cahaya biru dinyalakan. (sumber: www.mediaindonesia.com).

Tickerbar

KumpulBlogger