Friday 8 October 2010

SATU ALASAN LAGI KENAPA AKU MENULIS

Ditengah asyiknya mandi sambil menikmati segarnya air yang sedikit lebih dingin dibanding biasanya akibat cuaca yang masih sedikit mendung di kotaku, secara tiba-tiba aku terpikir satu hal lagi kenapa aku harus terus menulis. Tiba-tiba aku sadar bahwa aku harus terus menulis karena aku tahu bahwa aku tidak selalu dapat berbicara dengan banyak orang setiap waktu, dan kalaupun aku memiliki kesempatan untuk berbicara dengan setiap orang belum tentu waktu yang tersedia untuk berbicara dengan itu cukup banyak, sebab bisa jadi mereka ada urusan atau aku yang ada urusan ditengah-tengah pembicaraan tersebut. Akhirnya aku sadar bahwa dengan aku terus menulis sebenarnya aku dapat terus berbicara dengan mereka setiap saat, dimanapun, dan sesering apapun mereka inginkan. Aku dapat berbagi apapun yang dapat aku bagi, baik pengalaman pribadiku maupun cerita orang-orang lain yang memberikan pelajaran, teladan, dan inspirasi.
Diawal membuat tulisan ini pula, aku dapat satu pelajaran lagi tentang menulis. Awalnya aku ragu menambahkan kata ‘harus’ di depan kata ‘terus’ dalam kalimat ‘aku harus terus menulis’, sempat aku bertanya pada diriku sendiri, ‘apakah jika ada tidak orang yang membaca tulisanku aku akan terus menulis ?’, ‘apakah ketika tulisanku tidak dihargai orang aku harus terus menulis ?’, ‘apakah ketika aku tidak mendapatkan apa-apa dari tulisan demi tulisan yang aku buat, aku tetap harus menulis ?’. Namun tidak perlu menunggu lama aku teringat ucapan tokoh Rancho dalam film 3 Idiots, ‘chase for excellence and success will follow’, ucapan itu yang meneguhkanku untuk berani menambahkan kata ‘harus’ di depan kata ‘terus’ sehingga kalimatnya menjadi lengkap tertulis ‘aku harus terus menulis’. Aku berusaha untuk terus menulis selama masih ada yang dapat ditulis, tanpa peduli ada yang membaca atau tidak, tanpa peduli tulisanku dapat menghasilkan sesuatu atau tidak bagi diriku. Aku berusaha meyakinkan diriku sendiri bahwa ketika aku berbagi sesuatu yang terbaik, ketika aku mengerjakan segala sesuatu yang dapat aku kerjakan dengan upaya yang terbaik, maka akan ada waktunya suatu saat nanti aku juga akan memperoleh semua yang terbaik.
Jadi aku harus terus menulis karena dengan terus menulis aku dapat apapun yang dapat atau perlu aku bagi dengan orang lain kapanpun, dimanapun, sesering apapun setiap orang ingin membaca tulisanku. Semoga aku dapat terus mempertahankan hasratku ini dan semoga aku juga terus memiliki ide untuk ditulis.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger