Saturday 4 September 2010

TIDAK BISA SENDIRIAN

Melalui beberapa pengajaran yang aku terima secara tidak langsung maupun secara langsung dari beberapa orang, aku menyadari bahwa untuk menghasilkan karya besar yang luar biasa aku tidak bias sendirian. Pelajaran demi pelajaran yang aku peroleh serta perenungan atas semua kerja organisasi yang pernah aku jalani membuatku sadar bahwa aku tidak bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa jika aku terus-menerus melakukan segala sesuatunya sendirian. Seperti yang John C. Maxwell yang merupakan salah satu mentorku katakan, “satu terlalu sedikit untuk sesuatu yang luar biasa”.
Hal ini aku sadari setelah menginjak masa kerja keempatku di organisasi yang sama, dimana aku menjadi pemimpinnya. Dari pengalaman memimpin tersebut, aku menyadari bahwa aku tidak akan pernah bisa sendirian. Aku sebagai seorang pemimpin tidak akan pernah bisa melakukan seluruh kerja dalam organisasi tersebut sendirian, aku memerlukan bantuan yang sangat banyak dari orang-orangku. Tanpa orang-orangku aku tidak akan bisa menangani semua pekerjaan tersebut. Aku menyadari betapa signifikan sumbangsih yang mereka berikan untuk mensukseskan event yang aku pimpin. Aku menyadari bahwa aku bisa kehabisan tenaga dan waktu jika aku menangani seluruh pekerjaan dalam tim tersebut sendirian. Aku bisa terpontang-panting kesana-kemari jika aku bekerja sendirian. Sungguh betapa besar dampak yang dapat ditimbulkan dari memiliki tim yang luar biasa dalam melakukan pekerjaan.

Kesadaran ini tidak hanya ketika aku bekerja dalam tim untuk mensukseskan event yang aku pimpin yang merupakan event tahunan yang diadakan oleh kampus dimana aku menempuh pendidikan sarjanaku. Kesadaran ini juga aku sadari pada masa-masa aku menjalani kerja bersama tim-tim proyekku selama masa-masa kuliah. Sungguh, aku menyadari betapa besar dampak yang dapat diberikan oleh rekan-rekan kerjaku. Mereka semua melengkapi aku dalam kerja yang kami semua lakukan. Mereka tidak hanya melengkapiku dalam kemampuan, tapi juga dalam karakter, cara kerja, disiplin, pengetahuan, semangat, dan banyak hal lainnya. Sungguh, akhirnya aku merasakan benar apa yang Maxwell katakan, “satu terlalu sedikit untuk sesuatu yang luar biasa”.
Sejak adanya kesadaran tersebut, aku akan membiasakan diriku untuk selalu membentuk tim yang luar biasa jika aku akan melakukan kerja yang besar. Aku akan membentuk tim yang terdiri orang-orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Aku akan membentuk tim yang terdiri dari orang-orang dengan kemampuan terbaik, sikap terbaik, semangat terbaik, karakter terbaik, tanpa peduli kemampuan, sikap, semangat, maupun karakternya berbeda denganku. Yang terpenting bagiku adalah membentuk tim yang terdiri dari orang-orang yang punya potensi dan keinginan untuk terus mengembangkan diri serta keinginan untuk memberikan yang terbaik dalam setiap hal yang mereka kerjakan. The power of team !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger