Tuesday, 15 June 2010

KEYAKINAN

Jose Mourinho atau yang akrab disapa Mou, salah satu pelatih sepakbola terbaik dunia mencantumkan kata yang saya gunakan sebagai judul tulisan ini sebagai salah satu elemen dari rumusan terbaiknya. Dia meletakkan kata ini sebagai elemen yang pertama dalam rumusannya untuk menjadi yang terbaik.

Pertanyaannya, mengapa dia meletakkan kata ini sebagai yang pertama mengapa bukan yang lain ? Menurut hasil perenungan saya dan ditopang oleh pembacaan terhadap beberapa buku motivasi dan pengembangan diri, saya menemukan suatu pelajaran yang sangat berharga. Tanpa keyakinan atau kepercayaan diri, seolah-olah semua yang kita lakukan tidak ada gunanya atau kurang memiliki arah yang jelas. Mengapa ? Sebab percuma saja kita semua bekerja keras membanting tulang dan memeras keringat jika kita tidak percaya bahwa kita akan berhasil. Percuma saja kita berjuang atau bekerja keras, jika kita tidak yakin akan apa yang kita perjuangkan. Intinya tanpa keyakinan atau kepercayaan yang kuat kita tidak akan pernah meraih hasil yang maksimal dalam setiap yang kita kerjakan.

Oleh karena itu, sebagai seorang pelatih sepakbola Mourinho benar-benar menerapkan prinsip ini dengan baik sebagai salah satu filosofinya dalam melatih. Dalam setiap kesempatan, kita selalu dapat melihat bahwa dia adalah orang yang sangat percaya diri. Dia percaya bahwa dia mampu melakukan pekerjaannya dengan baik serta memberikan yang terbaik bagi setiap tim yang dilatihnya. Dia selalu percaya bahwa dia akan menang, meskipun tidak selalu tim yang dilatihnya akan menang. Tapi bagi dia keyakinan atau kepercayaan diri tetaplah penting untuk dimiliki dan itu selalu ditunjukkannya dalam setiap kesempatan. Mourinho bahkan dengan percaya dirinya menganggap dirinya sendiri sebagai ‘The Special One’, orang yang spesial. Namun julukan itu tidaklah salah, sebab kita semua telah mengetahui bahwa dia memang orang yang memiliki sesuatu yang istimewa dalam dirinya, salah satunya adalah kepercayaan dirinya yang tinggi.

Nah, jika seorang Mourinho saja menganggap keyakinan atau kepercayaan diri sebagai salah satu elemen penting untuk meraih sukses, mengapa kita tidak mencoba untuk menjadikannya juga sebagai salah satu elemen yang dapat membantu kita menjadi sukses. Kita semua diciptakan dengan bakat atau talenta yang unik, yang semuanya itu sudah Dia sediakan secara khusus untuk kita. Maka kita harus memiliki cara pandang yang benar terhadap diri kita sendiri selain terhadap orang lain. Kita harus selalu percaya pada diri kita sendiri, tanpa peduli apapun kondisinya sebab kita memang diciptakan secara unik berbeda satu dengan yang lain. Oleh karena itu, dari sekarang marilah kita semua mencoba menjadikan keyakinan atau kepercayaan diri sebagai salah satu ciri khas kita. Kita harus bahwa kita bisa, maka kita pasti bisa. Kita harus percaya bahwa kita akan berhasil, maka kita pasti berhasil. Intinya adalah percaya dulu, baru kemudian kita mencoba mencari jalan untuk mewujudkan apa yang kita percayai itu. Ya, kita semua harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi, meskipun pada akhirnya belum tentu hal tersebut membantu kita untuk berhasil. Namun, intinya adalah tetap percaya. Bagaimana menurut Anda ?

Tickerbar

KumpulBlogger