Tuesday 27 April 2010

PELAJARAN #1 DARI PEKAN KAMPUS 2009: DELEGATES YOUR JOBS


Pelajaran pertama yang kudapat dari Pekan Kampus 2009, bagaimana cara untuk mendelegasikan tugas. Sungguh ini pelajaran yang berharga serta penting untuk dimiliki oleh setiap orang yang memiliki posisi manajerial atau kepemimpinan. Mendelegasikan itu penting untuk dipelajari oleh setiap orang yang menduduki posisi tersebut, sebab itulah gunanya memiliki partner yang bekerja bersama kita.

Mendelegasikan tugas juga penting agar setiap manajer atau pemimpin tidak sibuk sendiri mengerjakan semua tugas atau pekerjaan. Tugas seorang manajer atau pemimpin hanyalah mengarahkan atau membimbing setiap orang-orangnya bukan untuk mengerjakan semuanya sendiri. Jika seorang manajer atau pemimpin sibuk mengerjakan sendiri sebagian besar tugas-tugas atau pekerjaan-pekerjaan yang ada, untuk ada dia memiliki partner atau orang-orang yang bekerja bersama dia. Pelajaran sederhana namun bermakna itu, yang ternyata justru merupakan pelajaran yang kurang aku pelajari selama persiapan menjadi seorang Ketua Pekan Kampus 2009. Aku lebih banyak belajar tentang prinsip-prinsip kepemimpinan, tapi kurang belajar mengenai cara membagi tugas atau pekerjaan dengan orang-orangku. Beruntung aku memiliki leader diatasku serta beberapa partner yang mengingatkanku mengenai hal ini, sehingga aku dapat memperoleh suatu pelajaran baru yang berharga. Seorang manajer atau pemimpin perlu tahu pekerjaan apa yang boleh atau dapat didelegasikan serta pekerjaan apa yang tidak boleh atau tidak dapat didelegasikan ke para bawahannya. Umumnya pekerjaan yang tidak boleh didelegasikan adalah pekerjaan yang menyangkut pengambilan keputusan yang penting yang menyangkut jalannya organisasi yang mereka pimpin.

Ke depan, aku akan selalu mengingat-ingat pelajaran yang tampak sederhana namun sangat berharga ini, agar aku dapat menjadi seorang pemimpin organisasi apapun yang lebih baik. Sebab kepemimpinan adalah hal yang menarik perhatianku sekitar dua tahun terakhir, dan aku akan terus belajar agar dapat menjadi seorang pemimpin dalam bidang apapun yang lebih baik dan lebih baik dari hari ke hari. Aku harus belajar untuk mengalahkan diriku sendiri yang kemarin untuk dapat menjadi lebih baik lagi hari ini. Sekian pelajaran singkat kali ini. Jangan lupa, delegates your jobs !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger