Monday 22 March 2010

IMPIAN MASA KULIAHKU YANG BELUM TERCAPAI

Tanpa terasa, sudah 4,5 tahun aku berada di bangku kuliah. Selama masa kuliah ini, sudah cukup banyak hal aku alami serta sudah cukup banyak kegiatan aku kerjakan. Ada beberapa impian yang sudah tercapai, namun masih ada pula beberapa impian yang belum tercapai dan bisa dibilang ada pula impian yang tidak mungkin tercapai. Aku sudah berhasil menjadi panitia Pekan Kampus yang menjadi salah satu impianku pada awal tahun 2006 dan bahkan pada akhirnya aku berhasil menjadi ketua Pekan Kampus di tahun 2009 lalu suatu impian yang muncul sejak tahun 2007. Aku sudah merasakan berbagai macam organisasi di kampus mulai dari pengurus Himafor 2005/2006, pengurus PD 2006/2007, panitia IT Fiesta 2006, panitia Pekan Kampus 2006, panitia Pekan Kampus 2007, pengurus SEMA 2007/2008, panitia Cyber Game Competition 2008, panitia tambahan Pekan Kampus 2008, dan terakhir panitia Pekan Kampus 2009. Aku juga sudah pernah tergabung dalam beberapa tim proyek yang berbeda dan sudah pernah pula membuat karya-karya yang bisa dibilang bagus menurutku. Salah satu karya proyek yang paling aku kenang dan paling bagus menurut adalah game SOS (Soul of STTS). Game ini dibuat oleh tim yang dipimpin oleh seseorang yang punya impian dan semangat yang tinggi, Stevanus Djojokusumo. Aku benar-benar salut melihat usahanya untuk menyempurnakan game yang dibuat.

Game SOS yang dibuat menggunakan Dev-C (versi bahasa C yang memiliki beberapa tambahan fitur khusus yang memudahkan untuk membuat game). Game ini dianggap sebagai yang terbaik oleh dosen kami di kelas yang kami ikuti dan bahkan karena banyaknya macam permainan yang ada dalam game tersebut, sampai-sampai kelompok lain tidak ada yang berani menandingi kehebohan game yang kami buat. Game tersebut menceritakan kehidupan perkuliahan di STTS, dimana karakter dalam game tersebut bisa hadir kuliah, mengikuti ujian, kerja part time, memancing, memiliki hewan peliharaan, mengikutkan hewan peliharaannya ke lomba balap hewan, memasak, sampai bertempur dengan musuh yang menculik hewan peliharaannya. Sungguh cerita game yang komplek ! Bahkan yang lebih buat aku bangga, dalam adegan bertempur yang menggunakan pesawat, oleh Stevanus pesawat tersebut dibuat bisa memiliki shield (pelindung) agar tidak mengurangi kerusakan pesawat saat terkena tembakan musuh. Shield (pelindung) itu yang buat aku bangga, sebab di bagian ini game yang Stevanus buat ternyata lebih baik dibandingkan punya kelompok lain yang di proposal proyeknya menyebutkan akan membuat game yang sama. Satu yang bisa kuucapkan tentang game kami, INCREDIBLE !

Selain proyek game tersebut, masih ada beberapa proyek lain lagi yang juga hebat. Proyek SEP (Software Engineering Project) yang aku buat bersama Niko Permana, Otniel Sutandi, Raymond Aquino, memiliki fitur CAPTCHA (fitur yang memungkinkan suatu halaman web memastikan bahwa orang yang akan login atau mendaftar di suatu website adalah manusia bukan bot), anti SQL injection, dan juga tampilan halaman yang bisa berganti template. Dari proyek SEP ini, aku sadar satu hal yaitu terkadang kita harus berani menjawab tantangan yang kelihatannya tidak bisa kita jawab sekalipun atau bahkan mungkin kita belum mengetahui bagaimana cara untuk menjawab tantangan tersebut. Dalam proyek ini, sebenarnya kami belum tahu bagaimana cara membuat CAPTCHA, bagaimana memberi fitur perlindungan anti SQL-Injection, dan juga bagaimana cara mengganti template, namun dengan usaha untuk mencari tahu dan belajar akhirnya semua fitur yang diminta oleh dosen.

Di semester 2, aku dan beberapa teman mendapat proyek membuat notepad sederhana menggunakan bahasa Pascal. Tujuan proyek tersebut untuk menerapkan teknik-teknik penyimpanan data di komputer. Proyek tersebut memang tidak selesai dengan sempurna, namun tetap mendapat nilai bagus. Dengan sedikit perjuangan, kami bisa membuat proyek kami mendekati seluruh kriteria yang diberikan. Program kami bisa melakukan scroll up (page up), scroll down (page down), serta menerjemahkan penekanan tombol home dan end pada keyboard. Cukup bagus untuk proyek anak semester 2. Dari sini aku juga mau bersyukur bahwa kami semua diberi kemampuan dan ide-ide yang lebih dibandingkan beberapa teman kami yang lain oleh Tuhan.

Nah, jika cerita-cerita diatas berbicara mengenai beberapa impian yang sudah tercapai bersama rekan-rekanku yang luar biasa. Rekan-rekan yang diberi anugerah kepintaran dan kemampuan yang melebihi beberapa rekan kami yang lain oleh Tuhan. Aku juga masih memiliki beberapa impian yang belum tercapai. Impian-impian tersebut antara lain menjadi ketua Pekan Kampus sebanyak 2 kali, meraih IP 4.00 (hanya pernah mencapai 3,43), menjadi asisten di laboratorium, dan melakukan eksperimen bersama dengan teman-temanku (mencoba membuat sistem operasi atau kompiler mungkin). Selain itu aku juga belum sempat melatih para calon pemimpin atau ketua Pekan Kampus berikutnya (ini impian terbaru). Namun kerinduan terbesarku adalah aku dapat membuat karya-karya programming yang lebih luar biasa seperti sistem operasi sederhana atau kompiler sederhana. Impian ini diinspirasi oleh mahasiswa-mahasiswa dari kampus teknologi di Amerika Serikat. Mereka semua berhasil membuat karya-karya yang bermanfaat, heboh, sekaligus unik.

Ya, memang masih ada beberapa impian yang belum tercapai selama masa kuliahku yang sudah akan berakhir ini. Tahun 2010 ini adalah tahun terakhirku di bangku kuliah S1. Meskipun ada beberapa impian yang belum tercapai, aku tetap bersyukur bahwa sudah boleh memiliki kesempatan untuk kuliah dan mengembangkan diri. Namun aku juga sadar bahwa aku belum mengembangkan kemampuan diriku sampai mencapai potensi terbesar yang sudah Tuhan taruh dalam diriku. Terkadang aku menyesal jika mengingat hal ini dan sungguh-sungguh menyesal. Aku terkadang begitu giat atau rajin belajar sehingga memperoleh nilai bagus, namun juga terkadang aku malas-malasan sehingga memperoleh nilai kurang bagus. Aku tetap akan menyimpan beberapa impian yang belum tercapai tersebut yang masih mungkin aku capai di masa depan serta terus menggali impian-impian baru dalam rentang waktu hidupku yang masih muda ini. Sekian.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger