Friday, 16 October 2015

Eden Hazard: Sang Gelandang Sayap Andalan Chelsea

Hazard dengan Kostumnya di Chelsea
Eden Hazard merupakan gelandang sayap lincah kelahiran La Louviere, Belgia, pada 7 Januari 1991. Hazard terkenal sebagai gelandang sayap nan lincah. Kelincahannya tersebut membuat pemain yang masih berusia 24 tahun ini mampu berlari dan seringkali melewati beberapa pemain lawannya.
Pemain yang bermain untuk Chelsea sejak Juli 2012 ini memang dikenal sebagai pemain muda berbakat yang terkenal karena kreativitas, kecepatan, serta kemampuan teknik mumpuni yang dimilikinya. Hazard dibeli oleh Chelsea dari klub lamanya, Lille, dengan mahar 32 Juta Poundsterling. Sebagai pemain, Hazard biasa menempati sebagai gelandang serang atau gelandang sayap. Namun tidak menutup kemungkinan pula untuk ditempatkan sebagai seorang penyerang, khususnya penyerang sayap, sebab dia juga dikenal memiliki memiliki kemampuan mencetak gol yang cukup bagus.
Eden Hazard: Sang Gelandang Sayap Andalan Chelsea
Eden Hazard: Sang Gelandang Sayap Andalan Chelsea
Pemain tim nasional Belgia ini memulai karir sepak bola pada tahun 1995. Kala itu, dia bermain untuk klub lokal Belgia, Royal Stade Brainois. Pada tahun 2003, dia pindah ke klub lokal lain Tubize. Dia terus bermain disana hingga tahun 2005. Sementara itu, debut karir profesionalnya yang pertama dimulai pada November 2007 bersama klub Prancis, Lille. Kala itu dia masih berusia 16 tahun.
Sebagai bukti kehebatan dan kejeniusan pemain ini, dia berhasil menyabet penghargaan Pemain Muda Terbaik Ligue 1 (Liga Utama Sepak Bola Prancis) pada musim pertama dia bermain disana. Penghargaan tersebut sekaligus menjadikannya sebagai pemain muda pertama non-Prancis yang berhasil meraih penghargaan tersebut.
Upaya Hazard Mencetak Gol
Pada musim 2010-2011, Hazard telah menjadi pemain andalan Lille yang membantu klub tersebut meraih double winner, Ligue 1 dan Coupe de France. Keberhasilan membawa klubnya meraih dua gelar juara turut membuat dirinya berhasil meraih penghargaan sebagai Pemain Ligue 1 Terbaik serta menjadikannya sebagai pemain termuda yang berhasil meraih penghargaan tersebut.
Pertandingan internasional perdana Hazard untuk timnas senior Belgia terjadi pada bulan November 2008 pada sebuah pertandingan melawan Luksemburg, kala itu dia masih berusia 17 tahun. Sementara gol pertamanya untuk timnas senior terjadi pada pertandingan melawan Kazakhstan pada Oktober 2011.
Selebrasi Kala Mencetak Gol
Lonjakan karir paling fenomenal dialami Hazard kala pada 4 Juni 2012 secara resmi Chelsea mengumumkan telah merekrut Hazard dari Lille. Kesepakatan berhasil tercapai setelah melalui sejumlah perundingan dan setelah Hazard dinyatakan lolos tes medis. Di Chelsea, Hazard awalnya diberi nomor punggung 17 yang sebelumnya digunakan oleh Jose Bosingwa. Namun semenjak Juan Mata meninggalkan Chelsea di bulan Januari 2014, maka nomor punggung 10 milik Mata beralih menjadi milik Hazard hingga saat ini. Hazard membuat debut untuk Chelsea pada tanggal 18 Juli 2012 pada pertandingan uji coba melawan Seattle Sounders. Pada pertandingan yang dimenangkan Chelsea dengan skor 4-2 tersebut, Hazard mencetak satu gol.
Hazard Meraih Penghargaan PFA Player of The Year 2014-2015
Hazard Meraih Penghargaan PFA Player of The Year 2014-2015
Sementara itu, debut kompetitif Hazard terjadi pada 12 Agustus 2012 pada ajang Fa Community Shield 2012 menghadapi Manchester City, namun sayang pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-3 untuk Manchester City. Debut untuk pertandingan Premier League dijalani Hazard pada pertandingan tandang melawan Wigan Athletic pada tanggal 19 Agustus 2012. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Chelsea dengan skor 2-0 dan Hazard turut memprakarsai kemenangan tersebut melalui umpan yang berujung gol oleh Branislav Ivanovic dan memenangkan hadiah tendangan penalti yang berhasil dieksekusi oleh Frank Lampard. Pada laga liga selanjutnya, yaitu pada 22 Agustus 2012, Hazard kembali membantu Chelsea meraih kemenangan melalui umpan-umpan yang diberikan untuk gol Gary Cahill dan Branislav Ivanovic serta memenangkan hadiah tendangan penalti yang sekali lagi berhasil dieksekusi dengan baik oleh Lampard. Begitulah awal debut Hazard untuk Chelsea, dimana semakin hari penampilan Hazard semakin bertambah gemilang bersama Chelsea hingga akhirnya berujung pada penghargaan PFA Premier League Player of The Year musim 2014-2015.

Menyimak Instruksi Pelatih
Hazard dapat bermain dengan pada posisi gelandang serang atau gelandang sayap dan sering dianggap sebagai salah satu bakat terbaik yang ada di Eropa saat ini. Pada klub sebelumnya, Lille yang berada di bawah asuhan Rudi Garcia, Hazard sering dimainkan sebagai gelandang sayap pada formasi 4-3-3 karena dia dikenal bisa menggunakan kedua kakinya dengan sangat baik. Namun semenjak kepergian gelandang serang atau playmaker Yohan Cabaye dan Gervinho, Hazard lebih sering dimainkan pada posisi gelandang serang tengah sejak musim 2011-2012, namun tetap tidak menutup kemungkinan untuk bermain melebar ke sayap apabila diperlukan. Dua ciri yang paling umum dari Hazard adalah kecepatan dan kemampuan teknis yang sering digambarkan sebagai kemampuan yang “menakjubkan” dan “mempesona”. Bahkan mantan rekan setim Hazard dan kapten Lille Rio Mavuba menjelaskan Hazard sebagai "pemain hebat, dengan bakat besar. Dia sebenarnya tidak begitu besar, tapi dia begitu cepat. Dia juga sangat sulit untuk direbut dan finishingnya adalah luar biasa", demikian komentar Rio Mavuba. Dengan kemampuan itu pula, Hazard sering dianggap menyerupai Lionel Messi, bintang Barcelona. Di lain kesempatan, dia juga dianggap mirip dengan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.


Begitulah biografi singkat dan artikel mengenai salah satu pemain berbakat di Eropa saat ini dan sang gelandang sayap andalan Chelsea. Hazard digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam memperebutkan penghargaan individual Pemain Terbaik Eropa maupun Pemain Terbaik Dunia. Mampukah Hazard menggapainya ? Kita nantikan saja di masa depan.

Tickerbar