Tuesday 7 September 2010

PINTAR SAJA TIDAK CUKUP

Tulisan ini disajikan untuk orang-orang yang mungkin dengan sangat arogan merasa bahwa kepintaran saja cukup untuk membantu meraih nilai-nilai baik di sekolah atau kuliah dan untuk menjadi sukses dalam kehidupan. Tulisan ini disajikan berdasarkan pengalaman pribadi dari saya sendiri selaku penulisnya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.
Saya secara pribadi menyadari bahwa saya memiliki kemampuan yang diatas rata-rata yang dimiliki oleh teman-temanku baik semasa sekolah maupun sekarang saat di bangku kuliah. Cukup banyak diantara mereka yang seringkali memuji kemampuan luar biasa yang aku miliki. Pujian demi pujian seringkali membuat aku terlena dan terkadang menjadi lupa untuk belajar dan menjadi malas. Pujian demi pujian tersebut membuat aku lupa bahwa ternyata kepintaran saja tidak cukup. Kepintaran masih harus ditopang dengan kerja keras untuk benar-benar membuat kita meraih sesuatu yang luar biasa dalam hidup.
Hal ini aku sadari setelah sekitar selama empat bulan terakhir merenungkan kembali semua hal yang telah aku lalui dalam kehidupanku di masa kuliah. Aku akhirnya menemukan suatu fakta yang bisa dibilang mengejutkan diriku sendiri. Aku menemukan bahwa ketika aku belajar dengan rajin dan baik secara rutin setiap hari, ketika aku memanfaatkan setiap waktuku dengan sangat baik setiap harinya untuk hal-hal yang bermanfaat, ketika itulah aku memperoleh nilai-nilai terbaik dalam setiap semester yang aku lalui di masa kuliah.
Didasari oleh penemuan yang tidak kusangka-sangka tersebut, maka sejak sekitar satu bulan terakhir aku dalam tahap melatih diri sendiri untuk kembali menjadi diriku yang terbaik. Aku melatih disiplin, kerja keras, komitmen, pemanfaatan waktu, dan segala hal lain yang aku yakin dapat membantuku untuk kembali meraih yang terbaik dalam hidup dengan sangat baik. Aku berusaha melatih diriku sebaik mungkin agar aku menjadi yang terbaik. Aku juga kembali belajar dari orang-orang yang aku pandang bisa dan pantas untuk menjadi mentorku. Aku kembali belajar pula dari prinsip-prinsip dahsyat yang dahulu membantuku menjadi yang terbaik serta menonjol diantara cukup banyak orang. Aku lakukan segala cara yang terbaik yang dapat membantuku naik ke puncak yang tertinggi kembali. Aku melakukannya untuk menjadi diriku yang terbaik, sesuai dengan seluruh karunia terbaik yang sudah diberikan kepadaku.
Memang contoh kasus yang aku sebutkan diatas adalah untuk diriku sendiri, namun aku sangat yakin bahwa cara-cara yang aku sebutkan diatas juga akan berguna untuk hampir semua orang dan bahkan mungkin untuk semua orang. Dulu aku meyakini bahwa ketika aku memberikan yang terbaik untuk seluruh hal yang aku kerjakan, maka aku pasti akan memperoleh yang terbaik. Aku telah membuktikan bahwa prinsip itu bekerja, aku telah membuktikannya bahkan jauh-jauh hari sebelum beberapa motivator baru di negara ini muncul dan menyampaikannya. Ya, sudah sejak jauh-jauh hari. Percayalah bahwa ketika kita berusaha yang terbaik, maka kita pasti akan menjadi yang terbaik ketika waktunya tepat. Percayalah ketika kita belajar yang terbaik, maka kita pasti akan memperoleh nilai yang terbaik dalam masa pendidikan kita. Percayalah segala sesuatu yang kita bayarkan di awal tidak akan sia-sia, segala sesuatunya akan terbayar dengan lunas di suatu masa depan dalam kehidupan kita.
Sebagai penutup untuk tulisan ini, aku akan berikan sebuah kutipan yang luar biasa dari salah satu mentorku secara tidak langsung, John C. Maxwell. “Setiap pencapaian suatu hasil yang bernilai tinggi membutuhkan harga yang tercantum di dalamnya. Pertanyaannya selalu apakah Anda bersedia membayar harga untuk memperolehnya dengan kerja keras, pengorbanan, kesabaran, kepercayaan, ketekunan.” Semoga berguna. Sukses !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger