Tuesday, 4 March 2008

Standar Satuan Kilogram Akan Didefinisi Ulang

Sejumlah ilmuwan dari berbagai institusi keilmuan sepakat untuk menyiapkan definisi baru bagi standar satuan kilogram. Para ilmuwan berharap dapat menetapkan standar berdasarkan konstanta universal daripada sebuah benda semata.

"Idenya mengganti satu-satunya acuan kilogram dengan sesuatu berdasarkan konstanta fisika, daripada sebuah artefak yang bisa rusak sewaktu-waktu," ujar Hy Tran, ketua proyek di Laboratorium Standar Primer di Sandia, beberapa waktu lalu.

Selama ini, standar massa satu kilogram ditentukan berdasarkan sebuah batang campuran platina dan iridium yang disimpan di sebuah museum dekat Paris. Batang logam yang disebut International Prototype Kilogram (IPK) atau Le Grande K ini dibuat tahun 1880-an.

Dari tujuh satuan primer dalam sistem internasional atau SI, kilogram merupakan satu-satunya satuan yang masih ditetapkan berdasarkan acuan benda. Akibatnya, duplikat benda yang dibuat setiap kali akan digunakan sebagai acuan tidak mustahil sedikit berkurang atau lebih daripada acuannya.

Dengan mengganti standar satuan dengan konstanta yang pasti, para ilmuwan di seluruh dunia dapat menentukan standar acuan yang akurat. Kilogram sebagai satuan massa tidak akan diubah. Proses perubahan definisi diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2011.

Sumber :PHYSORG

Tickerbar

KumpulBlogger