Tuesday, 5 February 2008

Printer Tanpa Tinta


Produk printer yang satu ini merupakan suatu inovasi baru dalam dunia cetak-mencetak menggunakan printer. Cara kerja device ini mirip dengan cara kerja faksimili yaitu dengan memanfaatkan panas untuk mengubah molekul-molekul di permukaan menjadi gambar.
Printer buatan Polaroid yang akan segera diluncurkan ini menawarkan cetak untuk foto. Sebagai ganti tinta, printer ini menggunakan kertas foto berlapis kristal mengkilap yang dipatenkan oleh pembuatnya dengan nama kertas ZINK. Printer ini menggunakan teknologi ZINK (Zero Ink) Imaging, dimana pada permukaan kertas foto terdapat kristal cyan, kuning, dan magenta yang akan dilelehkan oleh panas yang dihasilkan oleh printer untuk menghasilkan warna dengan komposisi yang berbeda-beda.

Untuk printer dengan teknologi ZINK ini, Polaroid sebagai perusahaan pengembangnya akan merilis dua produk yaitu Mobile Photo Printer dan Integrated Digital Camera and Printer. Mobile Photo Printer cocok untuk aktivitas bergerak karena hanya seukuran 11,75 x 7 x 2,25 centimeter, namun untuk sementara printer hanya dapat mencetak kertas berukuran maksimal 5 x 7,5 centimeter. Printer ini juga dapat digunakan untuk mencetak foto dari kamera digital atau handphone dengan memanfaatkan koneksi bluetooth atau USB. Menurut perkiraan printer ini akan mulai beredar di pasaran pada bulan Maret 2008 dengan harga USD 150. Namun tidak tahu kapan printer ini sendiri akan masuk Indonesia, jadi bagi yang berminat silakan tunggu saja.

Tickerbar

KumpulBlogger