Wednesday 26 September 2012

Siapapun Punya Pilihan dan Berhak Memilih !


Selama beberapa bulan terakhir, saya belajar mengenai hal ini, yaitu pilihan. Penulis dari salah satu buku yang saya baca beberapa bulan lalu membuka pikiran saya mengenai pilihan. Suatu gagasan yang merasuk ke dalam pikiran yang membuat saya berubah pikiran tentang pilihan yang dimiliki oleh setiap orang.
Sejauh yang saya akhir-akhir ini sadari dan pahami, saya sering kecewa atau kurang suka ketika ada rekan yang saya tawarkan gagasan untuk bekerja bersama mewujudkan suatu impian tertentu yang menantang, sangat besar, dan sangat menggairahkan untuk dicapai. Impian yang saya tahu dengan pasti akan memberikan imbal balik yang sesuai dan sangat luar biasa. Itulah sekilas tentang sebagian dari pola pikir saya di masa lalu.
Namun selama sekitar tiga bulan terakhir, saya belajar dan terus belajar untuk mampu menerima keadaan dengan menyadari bahwa rekan-rekan yang saya tawari untuk bekerja sama mewujudkan impian juga berhak untuk memilih dengan siapa mereka ingin bekerja sama. Mereka memiliki pilihan yang berhak mereka gunakan dalam hidup mereka. Menyadari hal tersebut, saya dapat semakin menerima ketika ada rekan yang saya tawari tentang gagasan untuk mewujudkan impian-impian besar, namun mereka tidak mau menerima tawaran saya.
Di satu sisi, saya semakin dapat menerima perbedaan pandangan dan pilihan hidup yang saya maupun rekan-rekan saya pilih. Di sisi yang lain, saya juga menyadari serta mengingatkan pada diri saya sendiri bahwa baik saya maupun mereka juga harus bersedia menerima konsekuensi dalam hal apapun terkait pilihan yang kami buat. Kami harus berani bertanggung jawab atas segala hasil maupun akibat yang diperoleh dari pilihan yang telah kami buat, entah itu hasil baik atau hasil kurang baik.
                                             
Kesadaran tentang konsekuensi yang harus berani ditanggung oleh setiap orang yang telah membuat pilihan tersebut yang pada akhirnya juga memberikan saya dorongan keberanian untuk melaju dan memperjuangkan impian-impian hebat saya yang telah saya tawarkan kepada sejumlah rekan dan yang akhirnya mereka tolak. Saya sadarkan dan ingatkan diri saya sendiri bahwa itu adalah pilihan saya dan pilihan mereka, saya pun telah siap menanggung setiap hasil kesuksesan dalam segala hal yang diakibatkan dari setiap tindakan dengan penuh keberanian, kemantapan, dan perjuangan yang saya ambil. Saya sadarkan diri saya sendiri bahwa kami semua pada akhirnya tidak boleh saling iri terhadap setiap kesuksesan yang masing-masing dari kami raih, apapun hasil yang pada akhirnya masing-masing dari kami raih nantinya di masa depan. Sebab, kami masing-masing juga telah dengan penuh keberanian membuat pilihan kami masing-masing.
Jadi untuk setiap kesuksesan yang kami raih, kami dilarang saling iri, sebab kami harus sadar bahwa di masa lampau kami telah membuat pilihan kami masing-masing. Pilihan yang masing-masing dari kami buat sebagai bentuk ekspresi kebebasan berpikir, berperasaan, dan berkreasi untuk kehidupan kami sendiri. Masing-masing diantara kami telah membuat yang kami yakini baik bagi diri kami masing-masing, maka setiap kami dilarang untuk saling iri dan justru harus saling mendukung setiap orang untuk memperjuangkan pilihan yang telah kami ambil.
Inti dari tulisan singkat ini adalah setiap kita yang hidup di dunia ini selalu memiliki banyak sekali pilihan yang perlu kita pilih dan tanggung segala konsekuensi dari pilihan yang kita buat. Kita dapat memilih untuk memperjuangkan impian-impian terliar kita atau melepaskannya begitu saja. Kita dapat memilih untuk menjadi orang baik atau orang jahat. Kita dapat memilih siapakah orang-orang yang akan kita jadikan teman-teman terdekat kita. Kita dapat memilih ingin menjadi berhasil dan luar biasa atau menjadi gagal dan biasa-biasa saja. Kita dapat memilih untuk mencatatkan nama kita sebagai bagian dari sejarah dunia yang luar biasa mengagumkan atau membuat nama kita terlupakan begitu saja karena kita tidak pernah berbuat sesuatu hal yang hebat serta memberikan manfaat kepada jutaan orang diseluruh dunia. Kita dapat memilih untuk menjadi sukses dan kaya-raya atau biasa-biasa saja. Kita dapat wanita atau pria seperti apakah yang kita dambakan untuk menjadi pasangan hidup kita. Masih banyak pilihan lain yang dapat kita pilih yang tidak dapat saya sebutkan semua. Namun pada intinya, kita semua berhak memilih segala sesuatu yang ada di dalam hidup kita. Oleh karena itu, marilah kita dengan penuh keberanian, keyakinan yang mantap, serta kesiapan untuk menanggung konsekuensi atau hasil-hasil dari pilihan yang kita buat dan belajar untuk mulai berani memilih walaupun harus berbeda. Selamat memilih !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger